Gua Pindul

by Setya Dewanta on Oktober 15, 2012

Gua Pindul wisata cave tubing yang terletak di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kab Gunungkidul, Yogyakarta. Gua Pindul banyak menawarkan pesona alam yang indah. Jika kita mengunjungi gua pindul kita bisa berwisata menggunakan ban karet (cave tubing) yang akan menyusuri gua-gua pada lokasi wisata dan anda akan melihat pemandangan gua yang indah yang mungkin belum pernah anda temui pada gua-gua yang lainnya yang ada di Indonesia.

Gua Pindul

Gua Pindul sendiri termasuk kedalam golongan “gua basah” dimana jenis gua ini berbeda dengan kebanyakan gua yang ada di Indonesia yang rata-rata bertipe “gua kering”. Di dalam gua pindul terdapat aliran sungai yang mengalir mulai dari mulut gua hingga bagian akhir dari gua ini. Gua ini memiliki panjang kurang lebih tiga ratus meter dan memiliki aliran sungai yang bisa dibilang cukup tenang karena tidak terlalu banyak gelombang pada aliran sungai yang terdapat di gua pindul ini.

gua pindul

Gua Pindul Sisi Dalam

Bagi para wisatawan yang datang ke gua pindul harus terlebih dahulu membayar biaya kurang lebih 30rb per orang. Biaya tersebut digunakan untuk menyewa ban karet, jaket pelampung serta jasa pemandu yang akan memandu anda menikmati keindahan pemandangan di gua ini. Selanjutnya pemandu akan mulai memandu anda mulai dari memimpin doa sebelum melakukan perjalanan dan memberikan penjelasan tentang tata tertib yang ada. Gua ini memiliki 3 buah bagian yaitu bagian yang terang, remang-remang dan gelap. Pemandu anda akan membawa alat penerangan dan memberikan penjelasan tentang apa yang ada di dalam gua ini. Di dalam gua anda bisa melihat stalakmit dan staktit yang berdiri kokoh bagaikan tiang-tiang sebuah bangunan. Selain itu, di Gua Pindul terdapat hewan yang di lindungi yaitu burun seriti, walet serta kelelawar. Gua tersebut memiliki bagian gelap karena memang ditujukan untuk konservasi kelelawar yang ada di tempat tersebut.

Ditengah-tengah perjalanan menyusui gua pindul anda akan menemukan bagian gua yang sangat sempit sehingga anda harus bergantian untuk melalui bagian tersebut karena hanya mampu dilewati oleh 1 Ban karet saja. Di bagian mendekati akhir dari gua anda akan menemukan tempat yang bisa anda gunakan untuk melompat kedalam air, dimana anda akan merasakan sensasi yang menakjubkan ketika melompat dari tempat tersebut. Untuk menyusuri gua ini diperlukan waktu kurang lebih 1 jam. Namun, waktu tersebut akan terasa sangat cepat karena anda akan terhipnotis keindahan yang ada di dalam gua pindul ini.

Rasakan Sensasi Wisata Alam Gua Pindul

{ 2 comments… read them below or add one }

dewabejo Desember 5, 2012 pukul 11:42 pm

trimakasih atas kunjunganya

Balas

vavalentino Desember 27, 2012 pukul 6:05 am

GUA PINDUL YEEEEEEEEEEEEEEEESSSSSSSSSS

Balas

Leave a Comment

Previous post:

Next post: